Wednesday, September 16, 2015

Renungan hari Kamis 17 september 2015

Kamis, 17 September 2015
Hari Biasa XXIV
1Tim. 4:12-16; Mzm. 111:7-8,9,10; Luk. 7:36-50.

"Engkau lihat perempuan ini? ... Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih." (Luk 7,44a.47)

Salah satu ciri roh jahat adalah ingin agar perbuatannya disembunyikan sehingga tidak diketahui oleh siapa pun. Maka, ada kecenderungan bahwa orang yang berdosa atau bersalah akan berusaha untuk menutupi dosa atau kesalahannya itu. Bahkan untuk datang mengaku dosa kepada imam saja, ada rasa enggan, padahal jelas rahasianya terjamin. Seorang imam yang membocorkan rahasia pengakuan dosa terkena hukuman ekskomunikasi latae sententiae (lih. Kan. 1388), yakni sanksi yang langsung kena. Untuk itu, marilah kita belajar dari perempuan pendosa ini. Kendati ada orang banyak, Ia tidak takut untuk datang kepada Yesus dengan cucuran air mata penyesalan atas dosa-dosanya. Yesus pun tidak menolak, juga tidak marah, tetapi menerimanya dengan penuh kasih. Di sini, kita bisa melihat hubungan timbal balik antara kasih dan pengampunan dosa. Di satu sisi, belas kasih Tuhan yang mengampuni kita hendaknya semakin mendorong kita untuk melakukan semakin banyak perbuatan kasih. Di sisi lain, kasih yang kita lakukan itu juga mendatangkan pengampunan dari Tuhan, sehingga semakin banyak kita mengasihi, Tuhan pun semakin bermurah-hati untuk mengampuni dosa-dosa kita. Dan tentunya, semakin banyak berbuat kasih, kita juga akan semakin sedikit berbuat dosa.

Doa: Tuhan, semoga kami sadar akan belas kasih dan pengampunan-Mu sehingga tidak takut untuk mengaku dosa dan semakin banyak berbuat kasih. Amin. -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)
  -----------------------

No comments:

Post a Comment