Friday, June 10, 2016

Membawa Berkat dan Sukacita

Sabtu, 11 Juni 2016
Pw. St. Barnabas, Rasul
Kis. 11:21b-26; 13:1-3; Mzm. 98:2-3ab,3c-4,5-6; Mat. 10:7-13.

"Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan" - Mat 10,7-8

Hari ini, kita memperingati St. Barnabas. Nama "Barnabas" berarti "anak penghiburan" (Kis 4:36). Dalam bacaan I, dinyatakan bahwa "Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman, sejumlah orang dibawa kepada Tuhan." (Kis 11:14). Sebagai Rasul, dia sungguh-sungguh melaksanakan pesan Injil "Sembuhkanlah orang-orang sakit, bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta, usirlah setan-setan!" (Mat 10:8). Ketika Paulus yang sudah bertobat menjadi "pesakitan" karena murid-murid yang lain masih belum mau menerimanya, Barnabaslah satu-satunya orang yang menerimanya (Kis 9:27). Boleh dikatakan bahwa pada waktu itu, Paulus menderita "kusta", yakni penyakit yang tidak hanya menimbulkan derita fisik tetapi juga derita batin karena membuatnya dihindari, ditolak dan disingkirkan. Untung ada seorang Barnabas yang mau menerimanya. Peran Barnabas tidak hanya berhenti di situ: ketika harapan Paulus untuk mewartakan Injil "dimatikan" dengan dipulangkan ke Tarsus, tempat asalnya (Kis 9:30), lagi-lagi Barnabaslah yang kemudian menjemput dan mengajaknya mewartakan Injil di Antiokhia (Kis 11:25). Dengan cara itu, Barnabas telah membangkitkan kembali semangat mewartakan Injil dalam diri Paulus sampai akhirnya ia menjadi rasul yang besar. Dengan kepribadiannya yang baik, penuh Roh Kudus dan iman, Barnabas juga mampu mengusir setan yang semula merasuki para murid dan membuat mereka menolak Paulus, sehingga akhirnya para murid itu pun mau menerima Paulus dengan sukacita.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kehadiran kami di mana pun mampu membawa berkat dan sukacita bagi orang lain sebagaimana diteladankan oleh St. Barnabas. Amin.
-agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

No comments:

Post a Comment