Tuesday, May 12, 2015

Pengakuan Dosa

238. Dapatkah seorang imam kemudian membocorkan sesuatu yang telah dia dengar dalam pengakuan?


Tidak. Dalam keadaan apa pun, kerahasiaan pengakuan adalah mutlak. Imam yang mengatakan kepada orang lain apa yang telah didengarnya dalam pengakuan akan terkena hukuman ekskomunikasi. Bahkan kepada polisi, imam tidak dapat mengatakan atau menyarankan apa pun yang ia dengar dari pengakuan.


Hal yang sangat serius dan harus dijaga oleh para imam adalah rahasia pengakuan. Beberapa imam harus mengalami penganiayaan untuk menjaga rahasia pengakuan, bahkan sampai mati. Maka, Anda dapat mengatakan dengan tulus ikhlas dan terus terang rahasia dosa-dosa Anda kepada para imam karena satu-satunya pekerjaan mereka saat itu ialah sepenuhnya menjadi "telinga Allah".



239. Apa dampak positif sakramen Pengampunan Dosa?


Pengampunan dosa mendamaikan pendosa dengan Allah.


Suasana sedetik setelah absolusi adalah suasana bagai mandi setelah berolah raga, bagai hembusan udara sejuk di musim kemarau, seperti bangun pada suatu pagi yang cerah di musim hujan, seperti keadaan tanpa bobot yang dialami penyelam.. Semua itu terkandung dalam kata "rekonsiliasi" (dari kata kerja Latin yang berarti: "membawa kembali bersama-sama, memulihkan"): dalam damai, kita bersama Allah lagi.


Sent from my Windows Phone

No comments:

Post a Comment