Tuesday, November 24, 2015

semuanya akan diruntuhkan."

Selasa, 24 November 2015
Peringatan Wajib St. Andreas Dung Lac, dkk (para martir Vietnam)
Dan. 2:31-45; MT Dan. 3:57,58,59,60,61; Luk. 21:5-11.

"Akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."

Mungkin, kita juga sering mengagumi kemegahan dan keindahan bangunan Gereja tertentu, baik di dalam maupun di luar negeri. Memang, kemegahan dan keindahan bangunan itu penting: bisa menghantar kita untuk mengagumi Sang Pencipta dan membantu kita untuk menciptakan suasana doa yang baik. Namun, bukan itu yang utama. Kita ingat bacaan beberapa waktu lalu: Yesus menangisi kota Yerusalem yang megah karena mereka tidak mengerti bilamana Allah melawat mereka (Luk 19,41-44). Hari ini, Yesus menunjuk secara langsung bahwa Bait Allah yang megah dan dibangun selama 46 tahun akan runtuh. Sebabnya sama, yakni karena mereka tidak mampu mewujudkan damai sejahtera yang bersumber dari hubungan mesra dengan Tuhan dan diwujudkan dalam hidup bersama. Oleh karena itu, selain memelihara keindahan dan kebersihan bangungn Gereja kita, amat sangat perlu kita mengupayakan damai sejahtera dalam persekutuan umat beriman. Contoh kecil misalnya: jangan sampai upaya untuk memperindah Gereja dengan hiasan altar, justru menimbulkan perpecahan karena adanya perbedaan pendapat dan keinginan, kemudian saling mempengaruhi umat sambil menjelekkan satu sama lain, bahkan disertai dengan membuat isu atau tuduhan-tudahan yang tidak benar. Ini justru akan dengan mudah menghancurkan Gereja, sebagai persekutuan umat Allah.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami mampu untuk selalu mengupayakan dan mewujudkan damai sejahtera dalam jemaat-Mu. Amin. -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

No comments:

Post a Comment