Sunday, February 7, 2016

"Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." – Luk 5,5

Minggu, 7 Februari 2016
Hari Minggu Biasa V
Yes. 6:1-2a,3-8; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5,7c-8; 1Kor. 15:1-11 (1Kor. 15:3-8,11); Luk. 5:1-11.

"Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." – Luk 5,5

Setiap kali ujian, saya selalu merasa tidak pernah cukup hanya belajar saja: tidak cukup kalau hanya menebarkan jala selama berhari-hari apalagi hanya sepanjang malam ke dalam lautan buku yang harus dibaca. Saya selalu merasa perlu dan harus menyertainya dengan doa. Kata-kata St. Paulus yang merupakan motto hidup saya ini: "Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya" (1Tes 5,24) juga selalu mengingatkan saya bahwa kemampuan saya amatlah terbatas, tetapi Tuhan selalu menggenapi apa yang kurang. Saya yakin, hal ini tentunya tidak hanya berlaku dalam belajar tetapi juga dalam seluruh aktivitas hidup kita terutama dalam mengemban tugas, pekerjaan dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada kita. Hanya dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri, hasilnya tidak akan pernah optimal, meski kita sampai kelelahan dan kehabisan waktu dan tenaga. Namun, bersama Tuhan kita akan dimampukan untuk mengerjakan hal-hal yang biasa dengan cara dan hasil yang luar biasa.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami mengerjakan tugas, pekerjaan dan tanggungjawab kami bukan hanya dengan mengandalkan kekuatan kami sendiri tetapi lebih-lebih kami mampu bekerjasama dengan-Mu. Amin. -agawpr-

NB. Selamat Hari Minggu. Mohon doa juga untuk teman-teman saya yang sedang sakit dan pemulihan kesehatan: Rm. Sapta Margana, Rm. Nurwidi Pranoto, Rm. Dodit Haryono. Berkah Dalem.

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

No comments:

Post a Comment