Friday, February 19, 2016

«Menghargai Sesama»

❤️ PERCIKAN HATI
Rubrik Renungan

«Menghargai Sesama»

"…Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! Harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! Harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala." (Mat. 5:21-22)

Pengajaran Yesus hari ini memang tegas. Yesus bukan hanya mengingatkan kembali hukum Taurat yang menyatakan bahwa siapa yang membunuh harus dihukum, tapi Yesus juga memberi penekanan bahkan pembunuhan itu bukan hanya secara fisik saja.

Bahkan kata-kata kasar dan cacian sebenarnya juga bisa mendatangkan hukuman bagi orang yang mengatakan itu untuk orang lain. Sebab kata-kata itu punya kekuatan yang luar biasa.

Ada orang yang bisa sakit hati bahkan merencanakan dan melakukan hal-hal yang jahat hanya karena menerima kata-kata kasar dari orang lain.

Sahabat, mari kita jaga ucapan dan tingkah laku kita supaya tidak ada orang yang merasa sakit hati karena itu. Kita tentu bisa marah, itu hal yang wajar. Tapi kuasailah diri kita agar jangan sampai amarahlah yang mengendalikan kita sehingga keluarlah kata-kata yang sebenarnya tidak pantas kita ucapkan kepada sesama.

Belajarlah menghargai orang lain sebagaimana kita ingin dihargai.

❤️ PERCIKAN HATI
«Jumat, 19 Februari 2016»

Tan Yusuph

No comments:

Post a Comment