Thursday, December 3, 2015

Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." - Mat 9:28

Jumat, 4 Desember 2015
Pekan Adven I
Yes. 29:17-24; Mzm. 27:1,4,13-14; Mat. 9:27-31.

Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." - Mat 9:28

St. Hilarius (315-367): <<Kedua orang buta itu tidak dapat melihat Kristus, tetapi mereka berbicara tentang Dia (dan memanggil-Nya sebagai anak Daud). Kepada mereka, Tuhan menunjukkan bahwa iman tidak seharusnya diharapkan sebagai buah dari keadaan sehat tetapi justru sebaliknya kesehatan itu boleh diharapkan sebagai buah dari iman. Orang buta itu akhirnya dapat melihat karena mereka percaya, bukan karena mereka melihat maka percaya. Dari sini, kita mengerti bahwa apa pun yang kita mohon harus didasarkan pada iman, bukan sebaliknya kita beriman karena sudah memperoleh apa yang kita mohon>> (Commento al vangelo di Matteo 9,9).

Parenesi: "Iman harus menjadi yang utama dalam hidup kita. Bukan karena sehat maka saya beriman, tetapi karena saya beriman maka saya berharap dianugerahi kesehatan. Bukan karena sembuh maka saya beriman, tetapi karena saya beriman maka saya mengharapkan kesembuhan. Bukan karena permohonan saya dikabulkan maka saya beriman, tetapi karena saya beriman maka saya berharap permohonan saya dikabulkan" -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

No comments:

Post a Comment