Monday, December 28, 2015

Pesta Kanak-kanak Suci

Senin, 28 Desember 2015
Pesta Kanak-kanak Suci
1Yoh. 1:5-2:2; Mzm. 124:2-3,4-5,7b-8; Mat. 2:13-18.

"Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibuNya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."

Sungguh ironis. Para gembala yang sederhana, bersukacita menyambut kanak-kanak Yesus. Demikian juga para majus, datang dari jauh untuk menyembah-Nya dan menghunjukkan persembahan kepada-Nya. Sementara raja Herodes justru merasa terancam atas kelahiran Yesus. Dia pun menjadi gelap mata: membunuh anak-anak di Betlehem dengan maksud agar Kristus ikut terbunuh. Kanak-kanak itu pun menjadi martir. Mereka memang masih kecil, belum mengenal dan juga belum mengimani Kristus. Namun, mereka sudah mengorbankan nyawa demi Dia. Dan karena pengorbanan mereka, maka Kristus terbebas dari ancaman pembunuhan Herodes. Ia tetap hidup untuk menjadi penyelamat umat manusia. Terimakasih atas pengorbanan kanak-kanak Betlehem. Semoga, kita pun juga rela berkorban demi Kristus agar Dia tetap hidup di tengah-tengah kita. Artinya, sabda dan kehendak-Nya tetap kita hidupi dan kita jadikan pedoman hidup kita. Seperti Paulus mengatakan: kita hidup tetapi bukan kita sendiri yang hidup melainkan Kristus yang hidup dalam diri kita (bdk. Gal 2,20).

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami rela berkorban untuk menjadikan Engkau tetap hidup dalam diri kami. Amin. -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

No comments:

Post a Comment