Friday, January 8, 2016

Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil» - Yoh 3,30.


Sabtu, 9 Januari 2016
Hari Biasa Pekan II
1Yoh. 5:14-21; Mzm. 149:1-2,3-4,5,6a,9b; Yoh. 3:22-30.

«Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil» - Yoh 3,30.

Ketika membaca dan merenungkan kesaksian Yohanes Pembaptis tentang Yesus ini, hati dan pikiran saya dibawa untuk mengingat para guru yang telah menghantar saya sampai pada saat ini. Luar biasa besar jasa mereka. Bolehlah saya memandang mereka sebagai Yohanes-Yohanes masa kini. Mereka adalah para pendahulu saya (kita) yang lebih dulu dilahirkan dan lebih dulu belajar. Dengan bekal ilmu yang mereka miliki, mereka - lebih-lebih para guru SD dan SMP - tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik. Sekarang, sementara mereka tetaplah guru SD dan SMP, mungkin sambil bertani dan tetap tinggal di desa (paling tidak demikianlah guru-guru saya), banyak sekali muridnya yang berpendidikan tinggi, mengemban jabatan penting dan berkesempatan untuk memperkaya pengalaman hidup dengan melanglang buana. Namun sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang besar, yang penuh pengorbanan dan amat berjasa bagi kita. Tidak jarang, mereka pun seperti Yohanes yang dengan bangga menceritakan kesuksesan murid-murid yang dulu dididiknya.

Doa: Tuhan, berkatilah para guru kami, baik yang masih hidup maupun yang sudah Kaupanggil menghadap-Mu. Dengan pengorbanan yang besar, mereka telah ikut serta mengantar kami sampai kepada saat ini. Amin. -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)
Dikirim dari Windows Phone saya

No comments:

Post a Comment