Friday, January 8, 2016

Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa» - Luk 5,16.

Jumat, 8 Januari 2016
Hari Biasa Pekan II
1Yoh. 5:5-13; Mzm. 147:12-13,14-15,19-20; Luk 5:12-16.

«Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa» - Luk 5,16.

Pernah saya mengalami masa-masa sangat bersemangat dalam pelayanan: misa harian/mingguan di gereja, misa ujub/lingkungan, rapat dengan pengurus/paguyuban di paroki, melayani tamu, kanonik, dll. Meskipun merayakan misa dan setiap kali pertemuan selalu diawali/diakhiri dengan doa, kadang doa pribadi menjadi terlewatkan. Bahkan, Ibadat Harian yang paling minimal (Laudes: Ibadat Pagi, Vesper: Ibadat Sore, Completorium: Ibadat Malam) tidak saya lakukan. Alasannya capek. Toh saya sudah melakukan banyak pelayanan. Ini pembenaran diri yang jelas tidak benar tapi kadang saya pakai. Apa yang dilakukan Yesus ini kembali menyadarkan saya dan juga kita semua. Kendati banyak orang datang kepada dan mengharapkan pelayanan-Nya «akan tetapi, Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa». Di tengah kesibukan kita, sekalipun itu untuk pelayanan, kita harus berani mengambil waktu untuk berhenti sejenak untuk berdoa. Pelayanan yang baik, yang bukan sekedar aktivisme belaka, merupakan buah dari doa, buah dari relasi personal dengan Tuhan yang memanggil dan mengutus. Selain itu, untuk bisa melayani dengan baik, kita juga butuh energi rohani dari Tuhan yang kita timba melalui doa. Seperti halnya HP, diri kita butuh diistirahatkan sejenak untuk di-charge, untuk disambungkan dengan Sang Sumber Kehidupan kita, yakni Tuhan sendiri.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu, agar di tengah kesibukan dan pelayanan kami, kami kami selalu ingat untuk berdoa. Amin. -agawpr-

(Pastor Agus Widodo,Pr - Roma)

Dikirim dari Windows Phone saya

No comments:

Post a Comment