Sunday, January 10, 2016

Memaknai Pembaptisan

PERCIKAN HATI
Rubrik Motivasi Rohani

Memaknai Pembaptisan

Mengapa Yesus mau dibaptis oleh Yohanes padahal kuasa-Nya jauh melampaui Yohanes sendiri? Tentu Yesus punya maksud tersendiri.

Pertama, Yesus ingin menunjukkan pada kita bahwa pembaptisan itu penting. Pembaptisan adalah salah satu sarana bagi kita untuk menerima rahmat dan kekuatan dari Allah. Orang perlu dibaptis agar rahmat dari Allah mengalir dalam hatinya dan membentuk kehidupannya.

Kedua, melalui pembaptisan, kita bisa menerima karunia-karunia Roh, sebab Roh Allah berkarya sejak kita menerima pembaptisan. Hal ini jelas terjadi ketika Yesus dibaptis. Roh Allah dalam rupa burung merpati turun ke atas-Nya. Karena itulah segala karunia Roh baik itu untuk mengajar, memimpin dan menguduskan hadir dalam diri Yesus.

Ketiga, pembaptisan senantiasa mengandung tugas dan tanggung jawab. Menerima pembaptisan berarti mengambil sikap dan janji untuk turut serta mengusahakan keselamatan diri bahkan juga sesama. Inilah yang dilakukan Yesus sesudah diri-Nya dibaptis.

Keempat, pembaptisan adalah langkah awal untuk menghidupi iman kita akan Yesus. Sebagaimana kehidupan Yesus berkenan kepada Allah, maka hidup kita pun hendaknya berkenan kepada Allah. Caranya amat mudah, ikutilah teladan hidup Yesus.

Lalu bagaimana jika kita membaptis anak sejak masih bayi? Bagaimana kita memaknai pembaptisannya?

Maknanya ialah agar Roh Kudus sejak pembaptisan menguduskannya dari dosa asal dan dengan demikian dipersatukan dengan Kristus dan Allah Bapa.

Berkat pembaptisan, anak kita sejak awal sudah menjadi anggota Gereja. Dan tugas selanjutnya adalah tanggung jawab dari orang tua untuk mendidik dan membesarkan anak dalam iman Kristen.

Semoga kita yang telah dibaptis dapat sungguh memahami maknanya dan dengan demikian dapat menunjukkan sikap hidup yang baik, yang berkenan di hadapan Allah dan sesama. 

PERCIKAN HATI
Minggu, 10 Januari 2016

Dikirim dari Windows Phone saya

No comments:

Post a Comment